Sunday 3 February 2019

Pengalaman Tes SIMAK UI 2018 (WOW BANGET)


Kali ini gue mau cerita pengalaman gue mengikuti tes Simak UI 2018 kemarin. Jujur, awalnya gue tidak begitu tertarik mengikuti tes simak ini. Tapi, setelah gue pikir-pikir dan emang tahun kemarin gue ambis banget pengen masuk UI so.. akhirnya gue ikut tes simak ui ini.

Tes simak ui tahun kemarin bener-bener serba dempetan dengan tes sbmptn. Mulai dari pendaftarannya beda dikit, sampai tesnya cuma beda 5 hari sama sbmptn. Gue gaada persiapan khusus buat menghadapi tes simak ui ini. Gue bener-bener fokus sama sbmptn dan gue berharap ada ilmu yang menyerempet dikit sama simak ketika gue belajar sbmptn. Sebenarnya dari awal-awal kelas 12 gue udah punya 1 folder khusus yang isinya arsip soal simak ui dari tahun 2000an sampai setahun terakhir. Tapi entah kenapa pas buka soalnya……gaada niatan sama sekali buat ngerjain. 

Oke, jadi setelah gue melewati tes sbmptn cuma butuh waktu 5 hari lagi buat menghadapi tes simak ui ini. Gue bener-bener gatau lagi harus belajar apa (yaampun kenapa gue semager itu). Padahal kita udah tau kalo soal simak itu soal paling tingkat dewa sepanjang sejarah dari jaman kakak-kakak atau bahkan ibu-ibu kita. Tapi entah kenapa di tes simak ui ini gue kaya bingung aja gitu harus belajar kaya gimana lagi. Mungkin efek gue udah belajar mati-matian buat sbmptn kali ya. Jadi, buat tes simak ini dapet Alhamdulillah engga ya gapapah. Tapi ada lah sehari dimana gue baca-baca lagi buku sks gue yang warna kuning. Tapi gue ngerasa apa yang gue baca hari itu kaya gaada efeknya nyantolnya sama sekali. Beda banget waktu ketika gue belajar sbmptn. Mungkin udah gak fokus atau gimana gue gak ngerti deh sama kepala gue ini.

Berhubung rumah gue di depok, ketika daftar simak ini gue pilih panlok depok. Dan Alhamdulillah kedapetan dilokasi yang gak jauh dari rumah gue yaitu di SMAN 2 DEPOK. Gue cuma pilih 2 prodi. Karena gue berfikiran (dua sajalah, kalo rejeki insya allah keterima) dan berhubung formulirnya lumayan gak murah jadi gue memilih untuk tidak menambah prodi.

Kenapa gue pilih sastra jerman? Karena gue belum bisa move on dari pilihan gue waktu ketolak snmptn (waktu itu gue pilih sasjer) dan sbmptn pun gue pilih sasjer juga walaupun dipilihan kedua. Kenapa gue pilih vokasi dipilihan kedua tes simak ini? Karena gue gak pede banget mau milih prodi s1 lagi di simak ini wkwkwkw. 

Yaudah, langsung saja gue ceritakan hari dimana waktunya gue menghadapi Simak UI.

Karena dapet lokasi yang deket, Alhamdulillah ketika simak gue gak sebegitu nervous kaya pas sbmptn. Gue datang tepat waktu, bahkan gue sempet solat dhuha dulu biar tambah tenang. 

Ketika sudah dipersilahkan masuk ruangan, lumayan deg-degkan dan gue kedapetan duduk di paling belakang pojok wkkwkw. Tingkat keketatan pengawas, sbmptn kayanya kalah deh. Ini ketat banget sih menurut gue pengawasannya. Peserta bener-bener diliatin satu-satu wajahnya, nomer peserta bener-bener dicocokin sama kartu identitas yang kita bawa. Pengawasnya sama kaya sbmptn sih, 2 orang. 1 orang lebih berumur kayanya sih itu dosen dan satu lagi pake almet kuning yang jelas itu mahasiswa.

Berbeda dengan sbmptn. Simak ini langsung bagiin ljk beserta soalnya. Jadi tuh ljk nempel sama soal dan harus seperangkat gabisa beda-beda. Tips dari gue sih: cek dulu soalnya udah lengkap apa belum, karena jika kalian pengen ganti soal ya kalian harus ganti ljk juga.

Oiya, jadi.. fyi bentuk ljk simak juga beda loh sama bentuk ljk sbmptn. Keuntungannya yaitu ljk simak gak terlalu banyak isian kaya sbmptn. Gaada kolom buat buletin nama per huruf. Jadi kalian harus teliti banget nulis nomer peserta ya! Tapi menurut gue lkj simak juga ada kekurangannya sih. Buat memisahkan ljk dengan soal ini ga seinstan kaya ngerobek tiket nonton (yang udah ada titik-titik bolongannya). Jadi, ada garis gitu dan merobeknya kita butuh penggaris atau kartu yang kaku seperti ktp. Waktu gue tes sih dianjurkan merobeknya pake ktp atau sim (identitas yang kita bawa). Tapi.. berhubung waktu itu gue bawanya ktp dalam bentuk resi jadi gue rada kesulitan gitusih buat merobeknya. Tips lagi buat kalian: kalau belum punya ktp dan sim bawa kartu pelajar buat nyobek lembar jawaban atau penggaris kecil. Oiya, yang gue inget lagi ljk simak itu pola menghitamkannya bukan bulat, tapi segiempat oval. Ya lumayan sulit sih untuk menghitamkan supaya rapih.

Selebihnya seperti tes masuk ujian pada umumnya. Akan diberitahu waktu pengerjaannya oleh pengawas. Dan setelah tes berakhir, akan diminta saksi untuk proses pengumpulan soal dan lembar jawabannya seperti di sbmptn. Itu ajasih pengalaman yang bisa gue bagi di tes simak ui ini. Selebihnya, gue udah lupa banget detailnya gimana. Kalau tingkat kesulitan soal jangan ditanyakan lagi ya. Sebaiknya persiapkan diri kalian dari sekarang. Semangat simak ui 2019! Simak ui 2019 dibuka jalur regular lagi lhoo.

2 comments: