Monday 6 August 2018

Tips Menghemat Waktu Sebelum Berangkat Sekolah

Sebagai pelajar, kita memiliki rutinitas yang selalu kita lakukan setiap hari. Selain pergi sekolah dan belajar dikelas, ada hal lebih kecil dari itu yang harus kita lakukan. Meyiapkan buku sebelum berangkat ke sekolah setiap hari. 
Ketika kita masih SD, terutama saat kelas 1 SD mungkin yang menyiapkan buku kita untuk berangkat ke sekolah tak lain adalah ibu kita. Ibu adalah satu-satunya orang yang tak pernah rela anaknya salah membawa mata pelajaran. Tak heran, jika kamu ingat dulu ketika kamu masih SD atau bahkan jika kamu memiliki adik yang baru memasuki masa-masa SD, pasti yang ribet adalah ibumu. 
Tapi, kamu sadar gak sih seiring berjalannya waktu apa masih ibumu yang harus menyiapkan buku pelajaranmu untuk sekolah? Jawabannya tidak. Apalagi jika kamu yang membaca artikel ini sudah jenjang SMP dan SMA tentu jawabannya sudah pasti tidak. 
Atau bahkan kamu salah satu orang yang sudah mandiri sejak kecil?


Aku salah satu tipe orang yang makin naik tingkatan kelas, makin naik pula tingkat kemalesanku untuk menyiapkan segala sesuatu untuk sekolah. Kecuali hal yang sangat penting. Menyiapkan buku pelajaran menurutku itu hal yang mudah dan tidak perlu dipersiapkan sejak malam. Lima menit pun aku bisa menyiapkan semua bukuku di pagi hari ke dalam tas sekolahku.
Apalagi ketika aku sudah duduk di bangku SMA, aku hanya perlu membawa buku tulis. Karna bagiku buku paket sudah tidak sering dipakai bahkan gak pernah dipakai lagi.

Buku tulis biasanya aku satukan dalam satu tumpukan di rak buku. Karena buku tulisku seluruhnya bersampul coklat, aku seringkali kesulitan untuk mencari-cari buku tulis mapel tertentu dalam waktu singkat (terburu-buru). Maka dari itu, aku memiliki ide ! wkwkwkwkwk ide apa tu?

Jadi, dalam satu minggu itu ada 5 hari sekolah. Yaitu senin, selasa, rabu, kamis, dan jumat. Aku membuat jadwal pelajaran seperti biasa. Tapi, masing-masing hari aku kasih tanda warna yang berbeda.



Misalkan: senin aku tandai dengan warna merah. Maka, semua buku tulis mata pelajaran untuk hari senin aku beri tanda merah dipojokannya (disisi yang langsung terlihat ketika ditumpuk secara bersamaan). Mudah bukan? Maka jika hari ini hari senin, aku hanya melihat rak bukuku dan mengambil buku yang bertanda merah! Tidak perlu lagi melihat tulisan disisi depan dibawah nama lengkap dan kelasku.

Tapi, bagaimana jika ada mata pelajaran yang harus dibawa di hari yang berbeda? Contohnya: Matematika ada di hari Senin dan Rabu. Tak perlu bingung. Jika hari Senin kamu beri tanda Merah dan hari Rabu kamu beri tanda Biru. Maka, buku tulis Matematikamu harus kamu beri tanda Merah dan Biru sekaligus!
Mudah kan?

Sekian tips dari aku, semoga berguna buat kamu yang serba dadakan ketika menyiapkan buku untuk sekolah!

No comments:

Post a Comment